Tak Didukung Klub, Timnas Malaysia Terancam Tak Bisa Ikut Asian Games 2018

Persoalan lama terulang lagi. Kondisi ini harus kembali dihadapi pelatih Timnas Malaysia U-23, Ong Kim Swee, jelang mempersiapkan tim asuhannya untuk Asian Games 2018.

Ong sudah memanggil sebanyak 24 pemain, yang 17 di antaranya merupakan alumni perempat finalis Piala AFC U-23 2018, untuk menghuni skuat proyeksi Asian Games 2018.

BACA : Viral Bendera Asian Games Bertiang Bambu, Ini Respon UPT Kota Tua

Namun, masalah datang. Ong mulai cemas karena klub-klub di mana pemain yang dipanggilnya berlabuh, melepas sinyal enggan melepas pemainnya ke pemusatan latihan Timnas U-23 yang dijadwalkan mulai digelar pada 30 Juli 2018.

Tak hanya berlatih di Kuala Lumpur, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) juga mengagendakan TC sekaligus uji coba di China pada awal Agustus.

Keengganan klub melepas pemain disebabkan jadwal TC serta Asian Games 2018 bertubrukan dengan agenda turnamen lokal, Piala Malaysia 2018.

Klub ingin pemain terbaik yang mereka miliki, tetap bersama mereka untuk Piala Malaysia mengingat Asian Games tak masuk kalender FIFA sehingga klub merasa tak memiliki kewajiban melepas pemain.

BACA : PBSI dan KONI Punya Target Berbeda di Asian Games 2018

Situasi ini membuat Ong berpotensi kehilangan pemain-pemain terbaik, dan hanya menyisakan pemain dengan kualitas "di bawah" pemain yang absen itu.

Ong berujar tak memiliki rencana B dengan kondisi yang dihadapinya saat ini. "Kami setidaknya harus memiliki 18 pemain, jumlah itu yang diizinkan untuk Asian Games," kata Ong.

Pelatih yang mengantar Timnas Malaysia U-22 meraih medali perak SEA Games 2017 itu menyiratkan Timnas Malaysia U-23 lebih baik menarik diri dari Asian Games 2018, jika tak berhasil didukung setidaknya 18 pemain terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Piala Dunia 2018: Prediksi Polandia VS Kolombia

Kolombia vs Jepang: Rodriguez Terancam Absen